WELCOME TO MY BLOG
"a place to share, you and me" :) :)

Kamis, 07 Oktober 2010

Perkalian Cara Cepat

tadi kelas gue kedatangan mahasiswa dari ITB,
namanya Richard Setiyawan, manggilnya kak Richard.
dia ngajarin cara menghitung perkalian dengan cepat,
Hmm... kalian pada tau nggak ??
buat yang udah tau jangan banyak bacot ya...
gue cuma pengen share buat yang belom tau,
Hehehehe...

-----------------------------------------------------------------

Oke, kalian hitung nih…



bisa kan pastinya,
eiittzz… gue mau ngasih kalian ilmu cara menghitung perkalian dengan cepat,

pertama, kita jadikan bilangan tersebut menjadi dua bagian, depan dan belakang.
angka dibagian belakang, kita kalikan.



setelah memperoleh hasil 21,
selanjutnya... pada angka dibagian depan atas, kita tambahkan dengan 1.



7 + 1 = 8
maka, angka 7 tadi kita anggap sebagai angka 8
kemudian, kita kalikan dengan angka dibawahnya...



tuh kan 8 x 7 = 56,
tinggal kita masukin aja...
udah terpampang tuh hasilnya



hasilnya adalah 5621
(lima ribu enam ratus dua puluh satu) ceilah... hhehehe :P

percaya???
kalo gak percaya kalian cek sendiri dengan cara kalian,
atau kalau pertu dengan bantuan kalkulator. 
oh ya, ini hanya berlaku bagi bilangan dua digit (puluhan)
kalo tiga digit beda lagi caranya :)

Hmm… sebenernya masih banyak lagi ilmu yang gue dapet tadi,
tapi gue cape’ bikin gambarnya…
jadi gue cuma bisa share yang ini,
Semoga Bermanfaat    :)

1 komentar: